Pembangunan Bandara Syamsudin Noor Mencapai Rp600 miliar




Pembangunan Bandara Syamsudin Noor Mencapai Rp600 miliar
Bandara Syamsuddin Noor
Berita Terkait :
Selasa, 22 Mei 2012 | 10:26 WIB

Skalanews - Pembangunan Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan diperkirakan menelan biaya Rp600 miliar, perhitungan ini berdasarkan asumsi biaya konstruksi per meter persegi sebesar Rp12 juta dengan luasan bangunan yang disiapkan mencapai 50.000 meter persegi.

"Penghitungan kami, biaya pembangunan bandara termasuk fasilitas seperti terminal kedatangan dan keberangkatan beserta seluruh sarana dan prasarana pendukungnya mencapai Rp600 miliar," kata General Manager PT (Persero) Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Gerrit N Mailenzun , pada Selasa (22/5).

Dalam pengajuan proposal pembangunan, pihaknya mengusulkan membangun seluas 60.000 meter persegi namun Gerrit memperkirakan hanya 50.000 meter persegi yang disetujui.

"kemungkinan luasan bangunan yang disetujui seluas 50.000 meter persegi sehingga anggaran yang dibutuhkan dengan asumsi biaya konstruksi Rp12 per meter maka mencapai Rp600 miliar," ungkapnya.

Gerrit menambahkan saat ini pembangunannya sedang dalam proses pembebasan lahan, dia mengatakan dengan pembangunan ini diharapkan dapat menampung penumpang sebanyak 5 juta orang per tahun.

Disebutkan, pertumbuhan penumpang yang menggunakan jasa angkutan udara melalui Bandara Syamsudin Noor setiap tahun mengalami peningkatan signifikan sehingga dibutuhkan penambahan luasan bandara dan fasilitasnya.

Pada tahun 2010, jumlah penumpang yang menggunakan jalur transportasi udara mencapai 2,5 juta orang dan sepanjang 2011 tercatat mengalami peningkatan menjadi 3,4 juta orang.

Sampai dengan bulan April 2012 penumpang sudah mencapai 1 juta orang diperkirakan hingga akhir 2012 jumlah penumpang dapat mencapai 3,5 juta orang.

Ia mengatakan pihaknya mengharapkan rencana pengembangan bandara mendapat dukungan seluruh pihak termasuk pemilik tanah yang masuk dalam areal pengembangan bandara kebanggaan masyarakat Kalsel itu.(Khaled Muhamad)

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Indonesia Blogger

Free Counter

like me

My FanPage